Kunci Sukses Amazon dot com

Kunci Sukses Amazon dot comBesar Dahulu, Untung Belakangan
Amazon.com
Banyak orang yang berpikiran bisnis harus cepat untung. Tidak ada yang salah dengan
harapan tersebut, namun ada fakta menarik khususnya untuk bisnis dotcom. Anda pasti tahu Amazon.com, tapi tahukah anda kalau Amazon yang didirikan pada tahun 1995 baru mendapatkan keuntungan delapan tahun kemudian, yaitu pada tahun buku 2003?.Buku yang berjudul "Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan Amazon.com" dapat memberikan inspirasi kepada para pebisnis dan penggiat TI yang ingin eksis dalam bisnis dotcom.

Bahwa bisnis dotcom memiliki aturan main dan paradigmanya sendiri yang harus dipahami dan dicermati. Kini telah tumbuh apa yang disebut sebagai google economy, sebagai salah satu dari cabang bisnis dotcom. Amazon.com sendiri dapat merepresentasikan gambaran bisnis online yang sesungguhnya. Berbeda dengan, misalnya perusahaan yang memasarkan online sebagai alternatif outletnya yang telah dibuka sebelumnya.
Selama delapan tahun operasinya Amazon.com tidak berhasil mencetak keuntungan dari bisnisnya yang tumbuh pesat dan mendunia. Pada tahun 2000, kalimat "mendapatkan laba" bagi Amazon.com masih lah sebuah mimpi.
Pada suatu kesempatan di akhir tahun 2000 di depan seluruh karyawannya, Jeff Bezos, pendiri Amazon.com, mengumumkan bahwa bisnis mereka dapat menguntungkan. Karyawan hanya terdiam, karena pada waktu itu, karyawan tidak pernah mendengar bahwa perusahaan mendapatkan keuntungan. Tapi kemudian mereka bersorak, setelah si CEO meyakinkan bahwa dia serius dengan ucapannya. Bezos memang sepertinya santai dengan tingkat profitabilitas dan
nilai pasar perusahaan. Ketika terjadi ledakan balon ekonomi dotcom pada Januari 2000, saat itu saham Amazon.com turun sebesar 40%nya dan harus memecat 1.300 karyawan, Bezos santai saja karena dia tahu Amazon.com telah melayani dua juta pelanggan pada tahun 2000, enam juta lebih besar dari tahun sebelumnya, dan terus tumbuh. Dengan jumlah pelanggan di atas, Bezos tetap yakin bahwa pertumbuhan yang konstan di masa mendatang tetap menjanjikan masa depan gemilang.Apa yang dilakukan Amazon.com dalam perjalanan bisnisnya adalah seperti motto yang dianutnya: "Tumbuh Besar dengan Cepat".
Motto tersebut betul-betul dilakukan sampai-sampai mengabaikan kepentingan
pemegang saham. Amazon.com tanpa henti melakukan ekspansi bisnis. Baik dengan
memperbesar kapasitas gudang dan distribusi, mengakuisisi berbagai perusahaan dotcom lainnya, dan memperbanyak produk yang dijual secara online. Yang mencengangkan adalah kemampuan Amazon.com dalam menjual mimpinya sebagai sebuah bisnis.
Bisnis online yang merupakan hal baru dan tekor laba ternyata mampu meyakinkan investor untuk terus menggelontorkan dana untuk memperbesar skala bisnis. Lazimnya, walaupun skala bisnis terus tumbuh (karena investasi), kinerja laba rugi perusahaan seharusnya mendukung. Ini lah bukti kemampuan Bezos dan tim keuangannya yang gigih dan cerdas dalam meyakinkan para investor.Sebelum membaca buku ini, saya membaca buku Google Story yang ditulis secara sangat menarik dan lengkap. Terus terang membaca buku ini saya merasakan banyak sekali kekurangan. Terutama adalah masih banyak pertanyaan yang belum terjawab seputar bagaimanan Amazon.com beroperasi. Seperti misalnya bagaimana Amazon.com menjalin kerjasama dengan perusahaan kargo sehingga dapat memastikan pelayanan pelanggan dalam hal pengiriman. Atau kenapa untuk sebagian buku atau produk tidak dapat dikirimkan ke negara seperti Indonesia. Simpulan saya buku ini terlalu tipis untuk menuliskan bisnis sebesar Amazon.com. Mungkin saya harus memilih buku lain yang lebih lengkap untuk membedah Amazon.comTerakhir, saya suka dengan semboyan Bezos,"Bekerja keras, bersenang-senang, membuat sejarah".
Bernard Ryan, JR. Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan Amazon.com, EdisiIndonesia, Ufuk Publishing House, Desember 2007, 154 halaman.
Oleh DZ~ http://www.dikkyzulfikar.com | Kunci Sukses Amazon dot com

0 Response to "Kunci Sukses Amazon dot com"

Post a Comment