Memperbaiki Konsep Diri Yang lebih Baik

PEMAHAMAN YANG “KURANG TEPAT” Begitu banyak aspek bahasa Inggris yang harus anda pelajari/kuasai, tetapi begitu sempit waktu anda. Belum lagi ditambah tugas-tugas rutin kantor serta masalah-masalah yang tidak pernah berhenti. Anda tidak bisa menghentikan waktu ataupun dunia ini untuk beraktivitas dan anda tetap harus meningkatkan kemampuan berbahasa anda. Jadi, bagaimana sebaiknya....? 

Konsentrasi pada pemahaman-pemahaman anda yang ”keliru”. Kata ”keliru” kami tempatkan di antara tanda petik karena belum tentu pemahaman anda sepenuhnya keliru. Boleh jadi hanya sedikit saja yang kurang tepat. Pada waktu anda mulai mempelajari kembali bahasa Inggris, anda akan menemukan bahwa pengajar anda menerangkan sesuatu yang ”baru” atau yang selama ini tidak ada dalam benak anda. Fokuskan perhatian anda pada aspek tersebut, sampaikan kepada pengajar anda tentang pemahaman yang selama ini anda punya. 
Memperbaiki Konsep Diri Yang lebih Baik

Dengan demikian pengajar anda akan dapat dengan mudah ”mematahkan” pemahaman tersebut dengan penjelasan yang pas. 
Misalnya: 
- Anda berpendapat bahwa semua kata kerja harus diawali dengan ”to,” sehingga kalimat anda menjadi: She can to open the files everyday atau We didn’t to receive your letter. 
Sampaikan hal ini pada pengajar anda, katakan saja tanpa ragu-ragu bahwa pemahaman anda selama ini. 
- Kalimat I’m flying to Bangkok this weekend buat anda sangat tidak dapat diterima; pola kalimat I’m flying atau She’s reading hanya dipakai untuk aktivitas yang dikerjakan pada saat ini, pada saat kalimat tersebut diucapkan dan tidak bisa dipakai untuk kerangka waktu di masa mendatang (future). 

Terbuka pada konsep-konsep tertentu Pada umumnya, penutur asli bahasa Indonesia mengalami kesulitan untuk memahami konsep waktu dan kata-kata benda countable & uncountable. Bila ini menjadi kendala, ada baiknya anda berusaha untuk menerima bahwa ini-lah bahasa Inggris, bahwa ada beberapa aspek yang tidak bisa dipertanyakan. Misalnya: sebaiknya anda jangan pertanyakan lagi mengapa furniture dan money termasuk uncountable. 

Sebaiknya jadikan aspek ini sebagai fokus anda, sehingga di masa mendatang anda tidak lagi membuat kalimat yang tidak tepat dengan kata-kata tersebut. Dicatat & sering diulang Agar memori anda bekerja dengan baik, catatlah konsep-konsep dan pemahaman dari setiap topik pembahasan. Semakin sering anda baca ulang catatan anda, semakin baik hasilnya.

0 Response to "Memperbaiki Konsep Diri Yang lebih Baik"

Post a Comment