Alasan Kenapa Kita Jenuh Dengan Rutinitas


MUNKIN ANDA JENUH DENGAN RUTINITAS ANDA
Jenuh Karena Kegiatan Kuliah
Jenuh Karena Rutinitas Anda Di Pekerjaan
Jenuh Karena Rutinitas Anda Di Rumah
Atau Bahkan Jenuh Dengan Semua Hal Yang Anda Temuka dan Saya sendiri pernah mengalami apa yang anda rasakan mulai dari jenuh kuliah bahkan saya sempat jenuh dengan kehidupan saya sendiri. Timbulnya kejenuhan disebabkan karna :

1. Rutinitas 

kejenuhan itu timbul karna kita melakukan hal atau rutinitas yang sama ( tidak Berubah ) dan selalu terulang – ulang. Contoh : anda mempunyai jadwal kuliah dari jam 8.00 hingga jam 5.00 sore , dan jika
hal itu menjadi rutinitas anda sehari-hari maka anda akan mengalami kejenuhan, meski matakuliah anda di hari lainnya berbeda-beda.

2. Beban fikiran  

Beban fikiran yang selalu anda bawa setelah menyelesaikan rutinitas.
Contoh :
seorang mahasiswi/a seusai kuliah mereka dibebankan dengan tugas yang harus mereka kerjakan. Atau pekerja ( karyawan/buruh ) selesai mereka berkerja mereka dibebani dengan fikiran pekerjaan dan keluarga seperti bagai mana keadaan anaknya saat ini, mau masak apa nanti dirumah, dll

3. lingkungan  

lingkungan dimana tempat anda tinggal dapat mempengaruhi tingkat kejenuhan anda
contoh : Lingkungan yang tidak bersahabat ( anda tidak mempunyai teman atau pun tidak pernah bersosialisasi dengan masyarakat ). Lingkungan rumah anda yang slalu berantakan, orang tua tidak pernah akur  dll.

4. Kondisi fisik ( kesehatan anda) 

Kondisi fisik pun dapat berperan meningkatan tingkat kejenuhan anda. Karena kondisi fisik dapat membuat emosi kita tidak stabil. Mungkin jika anda sakit gigi/sakit kepala anda akan lebih sering memarahi orang terdekat anda atau orang yang menurut anda telah mengganggu anda.
Contoh lain :
jika kondisi fisik anda tidak stabil seperti lemas-lemas ataupun kurang tidur, hal tersebut akan menimbulkan kejenuhan pada diri anda.

Pada kenyataannya masih ada orang yang sering melakukan rutinitas seperti anda, tetapi mereka tidak pernah merasakan kejenuhan. Pasti anda berfikir bahwa mereka sebenarnya merasakan kejenuhan hanya saja mereka menutupi kejenuhannya.
cara menghilangkan rasa jenuh

Kenyataan yang sering saya temukan.

Saya mempunyai banyak teman dengan latar belakang yang berbeda-beda.
Contoh :
• Saya mempunyai teman kuliah yang mempunyai jam kuliah yang sangat padat. Ketika saya menanyakan tentang kejenuhannya, Ia malah berkata kepada saya bahwa dia lebih tertarik menghabiskan waktunya untuk matakuliah yang ia pelajari. Setelah saya selidiki, ternyata ia mempunyai gadis pujaan dalam kelasnya. Akhirnya ia pun lulus dengan nilai yang sangat Memuaskan

• Saya mempunyai seorang teman yang tidak mempunyai pekerjaan atau pengangguran. seorang pengangguran pun mempunyai rutinitas.
contohnya: nongkrong di warung pada malam hari, bermain guitar dipinggir jalan.dll. salah satu rutinitas yang ia lakukan adalah nonggkron di warung pada malam hari bersama teman-temanya sambil menceritakan hal-hal yang kocak (lucu). Dan ketika saya menanyakan tentang kejenuhannya, iapun berkata bahwa berkumpul dengan teman-teman adalah hal yang menyenangkan.

Saya mempunyai teman yang sudah berkeluarga dan hanya menjadi ibu rumah tangga yang kerjanya hanya mengurusi urusan rumah saja. Ketika saya menanyai tentang kejenuhannya iapun berkata bahwa kejenuhan itu tidak terasa jika ia bermain dengan anak2nya atau asyik nonton telenofela :D

• Saya mempunyai teman seorang pekerja dibidang computer. Ketika saya menanyai tentang kejenuhannya iapun berkata bahwa kejenuhan itu tidak terasa karena dia menggunakan fasilitas kantor seperti internet dll.

Dari cerita saya diatas menunjukan bahwa Emosi adalah otak dari segalanya, termaksud otak dari kejenuhan anda!!

Sumber : E-book Buang Rasa Jenuh anda (Rio_Zail)

0 Response to "Alasan Kenapa Kita Jenuh Dengan Rutinitas"

Post a Comment